Purnama`s virtual notes

November 21, 2007

Enjoy your life

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 11:09 pm
Petang itu sebelum pulang sambil menunggu bus yang akan berangkat dari Kampus Ito jam 17.50 saya menyempatkan ngecek email, siapa tahu ada email yang penting. Teringat alamat email yang diberikan oleh teman dan senior saya yang barusan datang ke Fukuoka untuk melakukan riset di Kyushu University selama 3 bulan, saya mencoba mengirim email singkat menanyakan kabar beliau.

——————————————

Saya:

Assalamu alaikum Pak Arif, piye kabare, lagi sibuk di lab?
Purnama

Teman:

Hai pak Pur, gak sibuk2 amat aku kan dah doktor, saaatnya menikmati hidup. He he he, di Lab juga untuk bersenang, mancing-mancing kerjasama. santai lah. Nah pak Pur selamat berjuang semoga sukses.

Saya:

Ha..ha… wah saya jadi sadar bahwa saya belum saatnya menikmati hidup, tapi baru sebatas bertahan hidup he..he… Jadi terpacu nih untuk segera lulus biar bisa menikmati hidup…. Makasih doanya… Gimana Pak sudah bisa enjoy kan…

Salam
Purnama

Teman:

Ya pak Pur,
Aku cuma teringat waktu di Jerman, pembimbingku Prof. Horst Ermel, (inget bener namanya), kala itu aku kerja sampai malem di lab. lha dari pada pulang yo raono bojone… he he he, padahal nek nongomah ono bojone yo ratau buru2 mulih yo (wong anak2e rung do turu he he he). Dia bilang kala itu (dlm bhs jerman tentunya) terjemahannya kira2 gini…. Hai Rif ngapain
kamu kerja sampai larut malem? (kebetulan dia ke lab ngambil sesuatu yang ketinggalan). Sana pulang… enjoy your life…. Di Jerman udah gak musim gitu ahhhhh.

Jerman dulu terkenal sebagai bangsa yang bekerja keras, sekarang mereka menyadari, ternyata hidup perlu dinikmati. Jangan kaget kalau ke jerman, hari Minggu toko Tutup, karena gak boleh kerja. Orang dilarang bekerja lebih dari 8 jam/hari.
Lha saat ini aku semakin bisa menikmati hidup, karena kurasakan segala sesuatu yang sedang kukerjakan adalah amanah yang di Atas, segala yang menimpaku adalah kehendakNya, dan aku yakini semua itu untuk kebaikanku juga, bukan ambisi mencapai sesuatu secara pribadi. Untuk itu kulaksanakan dengan segala kenyamanan karena ikhlas….. kan dapat pahala. wah uenak
tenan. he he he
Selamat menikmati perjuangan!!!!!!! awali dengan Bissmillah agar ada tambahan bonus pahala
GAMBATE KUDASAIIIIIIIIIIIII

—————————————

Memang setiap orang (atau bangsa) mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menikmati hidup. Kalau di Jerman orang dilarang bekerja lebih dari 8 jam sehari, lain halnya dengan di Jepang yang biasa bekerja keras hingga larut malam. Begitupun dengan di Indonesia, China, India dan negara-negara lain mempunyai cara yang berbeda dalam menjalani dan menikmati hidup. Mungkin apa yang disampaikan oleh teman saya itu ada benarnya, membatasi jam kerja agar punya waktu lebih untuk bersantai. Akan tetapi konsep menikmati hidup tentunya tidak sesederhana itu. Masing-masing individu mempunyai konsep yang berbeda-beda, tergantung pada budaya, agama, dan tingkat kesejahteraan. Untuk negara semakmur Jerman tentunya masuk akal apabila pembatasan jam kerja diberlakukan. Akan tetapi untuk negara yang masih harus berjuang dan bekerja keras untuk mencapai kemakmuran, tentunya konsep tersebut kurang pas diberlakukan. Dalam agama islam, manusia disuruh bekerja keras sebagai suatu bentuk ibadah.

Buat saya pribadi, menikmati hidup adalah menjalani semua yang telah diberikan Sang Khaliq dengan kerja keras sesuai dengan kemampuan, diiringi rasa ikhlas dan syukur atas semua rahmat yang telah dilimpahkan, serta diawali dengan niat ibadah. Jadi menikmati hidup tidaklah selalu selaras dengan bersenang-senang, santai dan tidak bekerja keras.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

