Purnama`s virtual notes

November 26, 2007

Dazaifu

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 6:25 am
Saya masih ingat, beberapa tahun yang lalu ketika saya masih kecil, ayah sering mangajak saya dan saudara saya mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu obyek wisata yang biasa kami kunjungi adalah tempat-tempat sejarah, seperti Museum Sonobudoyo, Museum Perjuangan, Kraton Yogyakarta, candi Prambanan, candi Borobudur, dan obyek wisata Yogya lain. Situs peninggalan Kerajaan Mataram di Kotagede adalah salah satu tempat bermain saya sehari-hari waktu itu. Mungkin dari kebiasaan yang diajarkan ayah saya itulah sampai saat ini saya suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah, selain mungkn karena saya memang lahir dan besar di daerah yang penuh dengan nuansa sejarah, yaitu Kotagede.

Ketika sekarang di Jepang, obyek wisata budaya dan situs-situs sejarah Jepang adalah salah satu target kunjungan saya. Entah kenapa saya kurang tertarik mengunjungi kota besar seperti Tokyo dan Osaka. Mungkin karena, menurut saya, di manapun, kota besar selalu mempunyai tipikal yang sama: teknologi, kemacetan lalulintas, gedung tinggi, pusat perbelanjaan dan hiburan. Tokyo dan Osaka, menurut saya tidak jauh berbeda dengan Fukuoka, kota di mana saya tiap hari beraktifitas. Lain halnya dengan tempat wisata budaya dan sejarah. Tiap-tiap negara mempunyai ciri dan keistimewaan tersendiri dan tak bisa ditemui di tempat lain. Inilah yang menarik…..

Sabtu, 23 Nov kemarin saya berkesempatan berkunjung ke Dazaifu, suatu tempat wisata sejarah yang sangat terkenal di Kyushu. Dazaifu terletak di sebelah selatan kota Fukuoka, bisa ditempuh dengan kereta api express selama 22 menit atau dengan kereta api lokal selama 43 menit dari stasiun Tenjin ke Stasiun Dazaifu dengan biaya tiket hanya 780 yen two way trip.

Ada beberapa situs sejarah di Dazaifu yang lokasinya tersebar: reruntuhan bekas Dazaifu, Mizuki, Onojo, Candi Kanzeoniji, Candi Chikuzen Kokubunji dan Dazaifu Tenmangu Shrine. Karena waktu yang sangat terbatas, kunjungan kami hanya difokuskan di dua tempat, yaitu Dazaifu Tenmangu Shrine dan Kyushu National Museum. Dua tempat ini memang tempat objek wisata utama selain juga karena paling mudah dijangkau oleh yang datang ke lokasi dengan naik kereta api. Dazaifu Tenmangu Shrine didedikasikan untuk Michizane Sugawara yang terkenal sebagai “The God of Literature” yang pada tahun 901 diutus oleh kaisar di Kyoto untuk menjadi pejabat di Dazaifu. Dia meninggal dua tahun kemudian. Shrine ini dibangun di atas kuburannya pada tahun 1591.

Museum nasional Kyushu merupakan museum terbesar di Jepang terletak berdampingan dengan situs Dazaifu Tenmangu Shrine. Dibangun dengan arsitektur modern dan fasilitas canggih, museum ini memiliki koleksi yang menampilkan sejarah formasi budaya Jepang dari periode Paleolithic sampai sekitar tahun 1850an.

Setiap liburan, situs Dazaifu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan local dan maupun mancanegara. Sepanjang perjalanan dari stasiun sampai situs, pengunjung disuguhi oleh took-toko yang menjual aneka makanan khas Jepang dan berbagai cenderamata.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

