Purnama`s virtual notes

November 26, 2007

Perpisahan

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 5:51 am
Perpisahan selalu membawa kesan yang tidak menyenangkan, terutama berpisah dengan orang-orang tercinta maupun berpisah dari kesenangan. Sering kali manusia tidak bisa menghargai suatu kebersamaan, hingga perpisahanlah yang mengingatkan begitu berharganya suatu kebersamaan.

Karena suatu kebetulan, akhirnya saya bisa berkomunikasi dengan sahabat lama saya sesama penerima beasiswa ADS untuk program master beberapa tahun yang lalu. Dia adalah seorang dosen Universitas Syah Kuala Banda Aceh yang sudah lama saya cari setelah diberitahu oleh kolega saya bahwa dia termasuk salah satu grantee beasiswa S3 ADS. Begitu berhasil kontak dia, saya teringat kasus tsunami Aceh 26 Desember 2004 yang lalu. Alangkah terkejut dan terharu hati ini mendengar kabar bahwa istri, dua orang anaknya yang berumur 4 and 2 tahun (yang lahir di Adelaide), ibu kandung, tiga saudara perempuan kandung (salah satunya hilang bersama anaknya yang berumur 1.5 tahun), tiga keluarga paman dan bibi, serta beberapa relative yang lain, turut menjadi korban dalam trgaedi itu. Sungguh suatu musibah yang sangat memilukan.

Beberapa hari yang lalu, seorang teman dan senior saya undang ke dormitory untuk sekedar bersantai, karena beliau baru datang ke Fukuoka. Dalam perbincangan, dengan sangat tegar dia bercerita bagaimana anak laki-lakinya nomor dua yang masih duduk di SMP mengalami musibah kecelakaan lalu lintas yang akhirnya merenggut jiwanya. Kejadian yang baru terjadi bulan puasa kemarin dia ceritakan dengan sangat tegar dan penuh keikhlasan, walaupun saya yakin ini adalah musibah yang sangat berat bagi seorang ayah.

Hari Jum’at 23 November 2007 lalu saya mendapat sms dari istri saya bahwa Bu Lik kami telah meninggal dunia. Keluarga kami kehilangan seorang adik dari bapak mertua saya. Innalillahi wainna ilaihi rojiun.

Meskipun tidak untuk selamanya, perpisahan yang kualami ini sedikit banyak telah mengingatkanku akan arti suatu kebersamaan. Perpisahan yang mampu membangkitkan harapan dan semangat untuk tetap berjuang menggapai kebersamaan………..

Create a free website or blog at WordPress.com.

