Purnama`s virtual notes

December 2, 2007

AVISPA

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 11:31 pm
Sudah lama sebenarnya saya ingin menonton pertandingan sepak bola secara life. Seingat saya, selama bertahun-tahun tinggal di Yogya baru sekali saya sempat menonton pertandingan sepak bola di stadion secara life, itupun sewaktu saya masih kecil, di stadion Mandala Krida. Beberapa tahun terakhir ini memang saya beberapa kali nonton sepak bola secara life, tapi itu cuma latihan sepakbola di Lapangan Karang Kotagede. Setiap kali kami berkunjung ke rumah Ayah/Ibu saya di Kotagede, anak saya paling suka diajak nonton sepakbola di lapangan itu, apalagi kalau ada saudara-saudara sepupu yang sedang pada liburan di Yogya karena summer holiday. Sepak bola memang olah raga yang paling disukai anak saya.

Keinginan menonton sepak bola secara life baru kesampaian setelah kemarin hari Sabtu 1 Nov 2007 bersama teman-teman mendapat tiket gratis menonton pertandingan terakhir club sepakbolanya Fukuoka, yaitu Avispa Fukuoka (bahasa Jepangnya アビスパ福岡, Abisupa Fukuoka). Avispa Fukuoka adalah club sepakbola professional Jepang yang bermarkas di Hakata, Fukuoka, dan bermain pada J-league Division 2. Club ini pertama didirikan pada tahun 1982 dengan nama Chuo Bohan FC oleh para pekerja pada perusahaan kemanan (security company) Chuo Bohan di Fujieda, Shizuoka. Dipromosikan masuk divisi 2 pada tahun 1991, dan pada tahun 1993 dipromosikan masuk divisi 1. Prestasi club ini memang naik turun dari divisi 1 dan 2, dan saat ini Avispa Fukuoka bertengger di divisi 2 J-League.

Menonton sepakbola secara life memang memberi nuansa tersendiri, berbeda dengan nonton di televisi. Sabtu kemarin Avispa Fukuoka FC menjamu Sagan Tosu FC di Hakata-no-Mori Stadion yang berkapasitas 22563 tempat duduk. Meskipun mendapat tempat duduk di tribun tertutup, udara dingin berkisar 14 derajad Celcius ditambah tiupna angin yang keras terasa menusuk kulit, membuat ujung-ujung jari tangan terasa beku. Namun demikian, gegap gempita dan sorak sorai para supporter dari kedua belah pihak tetap mampu menghangatkan suasana. Meskipun kalah 3-1, suporter Avispa Fukuoka tetap semangat dengan lagu-lagu dan iringan musik yang kompak dan indah, membuat suasana sangat meriah. Siang itu, pertandingan terakhir kompetisi J-league Divisi 2 diwarnai keputusan wasit yang kontroversial karena memberi dua kartu merah untuk tim Avispa Fukuoka. Dan kekalahan Avispa Fukuoka hari itu menandai keterpurukan prestasi sepakbola clubnya kota Fukuoka, setelah kalah dalam beberapa pertandingan sebelumnya. Di kota pantai ini, memang sepakbola bukanlah olahraga yang sepopuler softball atau baseball sehingga kurang mendapat support dana yang melimpah.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: