Purnama`s virtual notes

December 19, 2007

Sampah dan Limbah

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 5:34 am
Limbah dan sampah = big problem! Mungkin ini slogan yang tepat untuk memposisikan limbah dan sampah di Indonesia. Permasalahan sampah sempat mengemuka di media massa Indonesia beberapa waktu yang lalu. Jakarta dengan Bantar Gebang-nya, Bandung dengan sampah di jalanan yang menggunung, sungai-sungai yang tercemar dengan limbah domestik dan limbah industri, merupakan pemandangan sehari-hari di Indonesia yang terlihat “sangat biasa”. Beberapa bulan yang lalu ketika saya makan di warung sate di jalan Bantul Yogya, saya sangat terusik dengan bau menyengat air selokan yang mengalir di depan warung, warnanya pun hitam. Pemilik warung bilang, kondisi itu belum seberapa, akan lebih parah lagi kalau malam sampai pagi hari, bau yang lebih tajam dan warna air yang lebih pekat berasal dari pabrik gula di dekat situ. Ini adalah contoh nyata begitu buruknya pengelolaan limbah dan sampah di Indonesia.

Kemarin dari pagi sampai sore, saya dan teman-teman berkesempatan melakukan tour ke tempat pengelolaan limbah dan sampah di Fukuoka City. Hebat! Itu komentar kami ketika mengetahui bagaimana komprehensifnya pengelolaan limbah dan sampah di sini. Di sini, limbah dan sampah bukanlah musuh bagi lingkungan. Dengan konsep sederhana didukung dengan teknologi tinggi, limbah dan sampah merupakan komoditi yang bisa dimanfaatkan tanpa harus membebani lingkungan.

Jam 9.30 pagi Tour diawali dengan kunjungan ke Chubu Sewage Treatment (Pusat pengelolaan limbah cair). Tempat ini untuk mengolah limbah cair dengan memisahkan antara liquid substance dengan solid substance. Air yang telah diolah bisa dimanfaatkan lebih lanjut, sementara liquid substance yang sudah dipisahkan akan dikirim ke pengolahan selanjutnya yang nantinya akan menjadi kompos. Kunjungan kedua adalah ke Seibu Incineration Plant. Di tempat ini combustible sampah padat dihancurkan dengan cara dibakar sehingga menjadi abu. Hebatnya, tempat ini sangat canggih karena kebutuhan listrik seluruh plant disuply dari panas yang dihasilkan pada proses pembakaran. Juga asap yang keluar tidak berbahaya karena sudah diolah sedemikian rupa sehingga ramah lingkungan. Kunjungan ketiga adalah di Seibu (Nakata) Landfill. Di sini abu hasil pembakaran sampah bersama-sama dengan sampah lain yang tidak bisa di-recycle di buang. Tidak seperti di Indonesia, landfill area ini dibuat cukup canggih dengan konstruksi khusus sehingga tidak mencemari lingkungan. Tempat ini diprediksi dapat melayani Fukuoka City selama 30 tahun. Kunjungan keempat adalah di Seibu Waste Water Treatment, yaitu tempat untuk mengolah limbah cair yang keluar dari lokasi pembuangan sampah. Kunjungan kelima adalah ke PET Recycling Plant, berfungsi untuk me-recycle botol plastic dan kaca. Tour diakhiri dengan kunjungan ke Fukuoka Compost Plant. Tempat ini mengolah limbah padat yang dihasilkan oleh pusat pengolahan limbah cair. Limbah padat diproses sedemikian rupa menjadi kompos yang siap dijual dengan merek Hakata Nobinobi.

Di Fukuoka, tidak ada limbah dan sampah yang tidak bermanfaat dan merusak lingkungan. Berkat partisipasi aktif warga masyarakat, yaitu memisahkan sampah ke dalam kantong sampah sesuai kategorinya, dan menaruh di tempat yang telah ditentukan, serta terbangunnya infrastruktur pembuangan limbah terpadu, sampah dan limbah bukan merupakan ancaman bagi lingkungan. Justru menjadi komoditi yang mempunyai nilai ekonomis dan bermanfaat untuk masyarakat. Kondisi di Indonesia saat ini terjadi juga di Jepang 37 tahun yang lalu….. Kapan Indonesia memulai…..?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: