Purnama`s virtual notes

January 8, 2008

Kenaikan harga minyak vs harga tiket

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 7:11 am
Liburan semester ini mungkin bukan keberuntungan saya (atau justru sebaliknya?). Liburan kali ini saya berencana mau pulang ke Yogya menengok keluarga. Wah pasti asyik sekali, bisa ketemu istri, anak-anak, orangtua dan keluarga, setelah empat bulan ditinggal. Ijin supervisor sudah didapat, tinggal nyari tiket yang murah. Kata teman-teman, normalnya sih tiket pesawat Garuda dari Fukuoka ke Yogya sekitar 91.000 yen untuk roundtrip 1 month open. Tapi ketika saya tanya ke travel agent di Tenjin harganya ternyata jauh dari itu. Di Travel Agent yang cukup populer buat pelajar Indonesia, tiket Garuda roundtrip 1 month open harganya 114000 yen, sementara untuk roundtrip 1 year open (lebih dari 1 bulan) harganya 129000 yen. Ya ampun mahal sekali. Ketika saya tanyakan kepada penjual kenapa harganya seperti itu, dia menjawab kenaikan harga minyak merupakan faktor penyebab utama kenaikan harga.

Tidak mau menyerah, saya pergi ke travel agent yang menurut teman harganya lebih murah, tapi staffnya tidak bisa bahasa Inggris. Dengan komunikasi ala ”tarzan” akhirnya dapat info untuk Garuda roundtrip 1 month open harganya 91000 yen, sementara untuk 1 year open harganya 117900 yen.

Rasa penasaran belum terpuaskan sampai di situ. Kenaikan harga tiket yang sangat drastis sebagai dampak dari kenaikan harga minyak dunia mungkin masih bisa dimaklumi. Tetapi setelah dicermati ternyata ada perbedaan nilai pada komponen oil surcharge pada harga tiket yang ditawarkan oleh travel agent yang satu dengan yang lain. Kenapa bisa begitu? Pertanyaan itu masih belum bisa terjawab dengan pasti hingga saat ini.

Perjuangan belum berakhir, perburuan tiket murah masih dilanjutkan. Dan hingga detik ini, salah satu maskapai penerbangan asing merupakan salah satu alternatif yang akan dipakai. Kalau dibandingkan dengan Garuda, ternyata maskapai penerbangan ini memberi harga yang jauh lebih murah. Beda Oil surchargenya saja sampai 16300 yen!!!. Ya ampun…kenapa Garuda mahal sekali????????

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: