Purnama`s virtual notes

May 2, 2008

Festival Umi no Nakamichi-Global Village 2008

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 1:21 am

Merasa jauh dengan yang dekat, dan menjadi dekat ketika jauh. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan keadaan kita terhadap budaya Indonesia.
Selama bertahun-tahun tinggal di Indonesia, belum sempat sekali pun saya memegang alat musik tradisional jawa Barat: Angklung. Begitupun, belum pernah sekalipun saya berkesempatan dan berkeinginan untuk menari Poco-poco. Tapi, hari Sabtu dan Minggu (26 dan 27 April 2008) yang lalu saya mengalami peristiwa yang luar biasa. Ya, dua hari itu saya dan teman-teman PPIF (Persatuan Pelajar Indonesia Fukuoka) berkesempatan bermain musik angklung dan menari poco-poco di event Internasional Festival Umi no Nakamichi-Global Village 2008 di Fukuoka Japan. Suatu pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya bisa menampilkan budaya Indonesia di depan khalayak Internasional, tidak hanya Masyarakat Jepang saja, tapi masyarakat dari berbagai Negara yang tinggal maupun belajar di Fukuoka.
Festival Umi no Nakamichi-Global Village adalah festival tahunan yang diselenggarakan di daerah wisata Umi no Nakamichi setiap awal musim semi. Acara itu merupaka event budaya Internasional yang diikuti oleh beberapa Negara dengan acara festival makanan internasional yang dijual pada publik, serta pentas pertunjukan kesenian. Pada event itu, PPIF menampilkan musik angklung dengan lagu Rek ayo rek, serta tarian poco-poco. Peristiwa itu menjadi sangat istimewa buat kami semua karena mayoritas dari kami belum pernah main angklung dan menari poco-poco sebelumnya. Kami hanya punya kesempatan 3 kali latihan main dan menari poco-poco. Jadi bisa ditebak, kecemasan melanda kami semua sebelum dan saat pentas. Dan kesalahan kecilpun tak bisa dihindarkan. Tapi dibalik semua itu, kami merasa penampilan kami cukup sukses terlihat dari begitu antusiasnya penonton ikut menari poco-poco, serta laris manisnya dagangan makanan kami.
We will be back to the same event next year with new performance!

Foto di atas adalah aksi kami saat menari poco-poco di hari kedua (dengan kostum yang berbeda dengan hari pertama)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: