Purnama`s virtual notes

May 2, 2008

Kenapa Orang Jepang panjang umur?

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 10:42 am


Pagi itu, hari minggu, saya di dapur mempersiapkan sarapan pagi. Sembari menunggu masakan, dari dapur di rumah yang terletak di lantai 4 saya melongok keluar pintu (sliding door) yang terbuat dari kaca. Di bawah terlihat para wanita Jepang yang sudah lanjut usia sedang bermain semacam golf tapi dengan bola yang relative besar. Dalam hati saya berpikir, di sini orang-orang seusia itu masih bermain seperti anak-anak di Indonesia. Mereka masih sehat dan enejik. Saya merenung, membayangkan para lansia seusia mereka di Indonesia yang pada usia itu sudah tidak bisa banyak beraktifitas. Hmmm kenapa orang Jepang bisa sehat-sehat dan panjang umur ya…? Lihat gambar di atas.

Suatu saat, beberapa bulan yang lalu ketika baru sampai di sini, saya bercerita sama istri saya bahwa orang di sini langsing-langsing, sangat sulit menemukan orang yang obesitas. Yang menjadi pertanyaan besar saya waktu itu adalah kenapa mereka pada langsing-langsing? Kenapa begitu sulit menemukan orang Jepang yang obesitas?

Buat saya yang bukan ahli kesehatan, tentu akan sulit menemukan jawaban atas semua pertanyaan di atas. Saya hanya bisa mengamati pola hidup mereka, kemudian meraba-raba mencoba mencari jawaban atas setiap pertanyaan yang muncul.

Dari dulu orang Jepang memang terkenal pekerja keras. Kedisiplinan dan etos kerja mereka memang patut diacungi jempol. Maka tidak heran bila teknologi Jepang bisa menguasai dunia. Yah.. kalau dulu Jepang gagal dalam menjajah negara-negara tetangga dengan kekuatan militer, maka sekarang Jepang mampu menaklukkan dunia melalui teknologi dan kemajuan ekonomi.

Di sini, kesehatan merupakan sesuatu yang mendapat prioritas utama. Di Kyushu University saja, setiap tahun dilakukan tes kesehatan untuk semua mahasiswanya. Yang dites meliputi berat badan dan ukuran lingkar perut, tinggi badan, tekanan darah dan rontgen. Apabila dijumpai seseorang tidak lolos satu diantara poin tersebut maka akan dilakukan tes lanjutan. Teman saya yang kelebihan berat badan, dan ukuran lingkar perut nya melewati batas normal, mendapat konsultasi khusus untuk melakukan diet dan olahraga.

Pola makan merupakan kunci utama kesehatan mereka. Makanan utama di sini adalah sayur, baik mentah maupun direbus, ayam, pork, dan ikan. Sashimi, yaitu sajian ikan mentah yang dimakan dengan saos Jepang merupakan makanan favorit saya …. hmmm oishi desu…. Satu kebiasaan di sini dalam memasak adalah meminimalkan (seminimal mungkin) penggunaan gula dan garam (wah sangat berbeda dengan di Indonesia ya…). Mereka hampir tidak pernah masak dan minum dengan gula. Ocha (atau teh) pahit adalah minuman keseharian mereka. Kalau masak tidak pernah pakai garam (apalagi penyedap rasa) karena pada dasarnya sayuran telah memiliki cita rasa tersendiri.

Bersepeda merupakan kegiatan sehari-hari buat orang Jepang, baik tua, muda, pelajar, pejabat, karyawan, manajer. Pergi ke toko, ke universitas, ke sekolah, maupun ke halte bus dilakukan dengan berjalan kaki maupun bersepeda. Kalau di Indonesia saya melihat parkiran sekolah SMP maupun SMA dipenuhi oleh sepeda motor, kalau di sini dipenuhi oleh sepeda. Suatu pemandangan yang mengagumkan…..

Buat saya, bersepeda merupakan satu hal paling mewah yang bisa saya lakukan di sini. Ya.. kalau dulu ketika belum berangkat ke sini saya pernah berencana beli sepeda untuk olah raga (tapi akhirnya tidak kesampaian karena keburu berangkat ke sini), akhirnya keinginan lama tersebut bisa terlaksana di sini. Bermain bulu tangkis yang sudah saya tinggalkan sekian tahun akhirnya bisa dilakukan di sini juga. Saya sering merenung, ternyata pola hidup kita banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Dengan lingkungan dan pola aktivitas di Yogya, olah raga merupakan sesuatu yang mewah yang sulit saya raih.

2 Comments »

  1. Bener tuh mas or mbak,
    Pola hidup sangat berpengaruh bagi tubuh kita.
    Tulisannya bagus dan bisa ditiru cara hidup orang jepang baik untuk diri sendiri dan lingkungan kita.

    http://www.sumarnidahlan.co.cc

    Comment by sumarnidahlan — December 22, 2008 @ 9:35 pm | Reply

  2. oo gitu ya, jd pengen kerja di Jepang nih
    thanx banget u infonya, kuharap suatu saat nanti aku bisa liat sendiri
    Purnamasan, kenalan dong…
    Arigatougozaimasu

    Comment by ronggo — January 6, 2009 @ 3:26 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

