Purnama`s virtual notes

May 10, 2008

Tour de Fukuoka

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 3:54 am

No pain no gain, begitulah kira-kira ungkapan lama yang sering kali kita dengar untuk menggambarkan bahwa setiap keberhasilan memerlukan usaha. Begitupun dengan kesehatan, harus diupayakan dengan usaha, dengan olahraga disertai pola hidup dan pola makan yang sehat.

Berkaitan dengan olahraga, buat saya pribadi, tinggal sendiri di Jepang telah memberi anugerah tersendiri: kesempatan yang besar untuk berolah raga. Karena dimanjakan oleh fasilitas, keinginan lama yang selalu saja menjadi impian ketika masih di Yogya akhirnya dapat dengan mudah diraih di sini. Fasilitas dan lingkungan di sini sangat mendukung untuk itu.

Bukannya tidak punya biaya kalau akhirnya saya dan teman-teman pada hari selasa tanggal 6 kemarin memutuskan untuk pergi ke Fukuoka Tower dengan bersepeda. Secara teknis, tempat wisata ternama di Fukuoka itu mudah sekali dijangkau dengan bus. Tiket pun sebenarnya sudah dimiliki karena kami memiliki tiket bus bulanan yang bisa dipakai berkeliling kota. Tetapi sensasi naik sepeda serta berolah raga itulah yang membuat kami sepakat bersepeda bersama. Kalau di Yogya ada gerakan bersepeda ke kantor dengan slogan “Bike to work”, maka kami pun punya slogan: “Bike for health”.

Meskipun melelahkan, Tour de Fukuoka kemarin sangat menyenangkan. Karena ide tour dicetuskan oleh saya dan Pak Taufik A yang perutnya sudah ber-tas pinggang, maka mengurangi ukuran tas pinggang merupakan salah satu misi utama kami. Diikuti oleh 6 peserta tour, terdiri dari 2 bujang tulen dan 4 bujang lokal. Jangan dibayangkan kami mengendarai sepeda balap maupun sepeda gunung yang mahal. Yang kami pakai adalah sepeda belanja! Ya sepeda yang didepannya ada keranjang untuk membawa belanjaan. Sepeda punya saya adalah karena budi baik Pak Arif yang mewariskan sepedanya karena pulang ke Indonesia beberapa bulan yang lalu. Sepeda Pak Imam dan Kashogy adalah sepeda pinjaman dari Pak Yayan dan Anjas. Sepeda Pak Andi adalah sepeda yang sudah berbulan-bulan tidak dipakai sehingga ban depan dan belakang kempes. Ya karena di sini sepeda adalah sarana transportasi harian, maka yang paling populer adalah sepeda belanja karena multi guna.

Perjalanan yang dimulai jam 8.30 pagi mengambil jalur terdekat dengan pantai karena perjalanan ini dimulai dari tempat tinggal kami yang dekat dengan pantai, dan tujuan akhir yang juga di pinggir pantai. Karena melalui jalur yang tidak dilalui bus, kami sempat kesasar di sekitar pelabuhan barang, bahkan sempat dikejar anjing galak! Ternyata menjelajah kota dengan bersepeda sangat mengasyikkan. Beberapa tempat menarik sempat kami singgahi: Fukuoka harbour, kuil, Hawks Town Futsal Stadium, Fukuoka Yahoo! Dome. Perjalanan itu akhirnya sampai di tempat tujuan Fukuoka Tower, the landmark of Fukuoka City, sekitar jam 10.30.

Setelah merasa cukup jalan-jalan di sekitar tower, main-main di pantai dan melihat-lihat studio robot, akhirnya kami memutuskan untuk balik. Kali ini rutenya tidak sama dengan ketika berangkat. Karena selain memang kami tidak ingat lagi rute berangkatnya tadi, kali ini kami akan mampir di Hakozaki untuk makan siang Sushi. Sepeda kembali kami kayuh. Sekali-kali kami harus turun dari sepeda ketika di depan traffic light karena pantat terasa panas dan sakit akibat terlalu lama duduk di jok sepeda. Meskipun cuaca cukup panas, sekitar 25 derajat, tapi keringat tidak mengucur di kening kami, karena udara yang kering.

Dan sekitar 1 jam kemudian sampailah kami di rumah makan Sushi di kawasan pusat belanja Boxtown, Hakozaki. Rumah makan ini modelnya seperti bar, dan sushi disajikan dengan cara ditaruh di atas mesin yang bergerak berputar melintasi semua meja pengunjung, mirip seperti rangkaian kereta api mini. Pengunjung tinggal mengambil dua potong sushi yang sudah disajikan di atas piring kecil. Yah karena kelaparan, kami makan sushi antara 4 sampai 6 piring. Tarif termurah perpiring 105 yen, plus fasilitas teh hijau gratis. Setelah kenyang kami pun melanjutkan perjalanan ke rumah yang sudah cukup dekat, sekitar 20 menit dengan sepeda.

Sekitar jam 15 kami sampai di rumah di Najima. Pak Imam dan Kashogy mampir ke rumah saya untuk sholat dan istirahat sebentar, sementara Pak Andi dan Mas Adi langsung meluncur ke rumah mereka. Setelah merasa cukup istirahat sekitar 40 menit, saya dan Kashogy pergi ke Kaikan untuk bermain pingpong sama Pak Yayan dan Pak Taufik B, sementara Pak Taufik A dan Pak Imam masih tidur terlelap. Yah.. maklumlah bujang lokal, harus banyak mencari alternatif aktivitas yang positif…. . No pain no gain. Kalau mau sehat ya olah raga……

1 Comment »

1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!