Purnama`s virtual notes

May 21, 2008

PPI Jepang Latih Ratusan Calon Wirausaha Muda Indonesia

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 2:58 pm

Suara Merdeka

Tokyo, CyberNews. Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Jepang (koordinator daerah Kyushu-Okinawa) melatih ratusan calon wirausaha muda Indonesia di kota Saga, bagian selatan Jepang.

Kesempatan ini diwujudkan dalam bentuk Pelatihan Wirausaha dan Edukasi Perbankan (PWEP) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2008 kepada para peserta magang. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 120 orang.

Tenaga Kerja Indonesia (kenshusei) yang sekarang sedang bekerja di industri kecil dan menengah (IKM) di Jepang. Pilihan untuk menjadi wirausaha merupakan salah satu alternatif terbaik yang dapat ditempuh oleh para kenshusei karena potensi keahlian yang diperoleh dari hasil magang dan adanya akumulasi modal usaha dari tabungan selama mereka bekerja di Jepang, demikian salah satu hasil kesimpulan dalam sesi akhir acara ini.

PWEP ini sendiri merupakan bagian integral dari program aksi bersama beberapa instansi pemerintah (KBRI Tokyo, KJRI Osaka, BI Tokyo, BNI Tokyo, Lembaga Penyalur Tenaga Kerja ke Jepang, Kementerian Koperasi dan UKM, Departemen Perindustrian), WGTT dan PPI di Jepang dalam rangka mengembangkan, potensi wirausaha tangguh dari program magang di Jepang.

Selain acara pelatihan, pada hari yang sama atas inisiatif dari PPI Jepang Korda Kyushu juga telah digagas forum tentang program Japan-Indonesia Friendship. Forum tersebut dihadiri oleh dua anggota parlemen propinsi Saga, Hirotsu Motoko dan Hiroshi Ogushi dan beberapa anggota LSM Jepang.

Dari pihak Indonesia di wakili oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo, Ridwan Abbas, perwakilan dari BI Tokyo, Direktur WGTT, pengusaha dan perwakilan mahasiswa Indonesia. Pertemuan kedua belah pihak dalam forum ini juga mencairkan kebekuan komunikasi yang selama ini terjadi diantara kedua belah pihak sehubungan dengan banyaknya kasus pelanggaran ijin tinggal (overstay) para kenshusei khususnya yang bekerja di daerah Jepang Selatan.

Untuk menyelenggarakan program ini, PPI Tokyo menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Bank Indonesia (BI) Tokyo dan tim Working Group for Technology Transfer (WGTT) Jepang.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: