Purnama`s virtual notes

June 16, 2008

50 tahun hubungan Indonesia-Jepang

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 2:48 pm

PHIJ50

Lima puluh tahun memiliki makna yang mendalam dalam kehidupan manusia. Dalam suatu bahtera kehidupan pernikahan, lima puluh tahun sering ditandai sebagai ulang tahun emas. Ya memang lima puluh tahun merupakan waktu yang panjang bagi ikatan perkawinan antar dua manusia. Maka wajar apabila ulang tahun penikahan ke-50 sering dirayakan secara special.

Lima puluh tahun juga memiliki makna khusus bagi pertalian hubungan antar Negara. Saya yakin banyak di antara kita yang tidak tahu bahwa tahun ini merupakan tahun emas bagi Indonesia dan Jepang. Ya lima puluh tahun lalu, tepatnya tahun 1958, Indonesia dan Jepang secara resmi membuka hubungan diplomatik secara resmi. Pada tahun itu, setelah “Perjanjian Perdamaian Jepang – Republik Indonesia” dan “Perjanjian Rampasan Perang Jepang – Republik Indonesia” ditandatangani dan diberlakukan, dibukalah hubungan diplomatik antara kedua negara. Tahun 2008 ini merupakan ulang tahun ke-50 atau ulang tahun emas (Golden anniversary) pembukaan hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia. Golden anniversary ini dirayakan setahun penuh dari 1 Januari 2008 sampai 31 Desember 2008. Lebih dari 200 acara dan kegiatan sudah dirancang oleh Kedubes Jepang di Jakarta untuk memperingati tahun emas ini.

Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang ini bertemakan “Menuju ke Setengah Abad Baru”, bertujuan memperluas pertukaran antara rakyat kedua negara dan memperdalam saling pengertian antar generasi. Selama “Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang”, menurut rencana akan diselenggarakan pertukaran di berbagai bidang luas yang mencakup pendidikan, ekonomi, sains dan teknologi, kebudayaan, kesenian, olahraga dan pertukaran rakyat; dengan penekanan pada bidang pendidikan, Kebudayaan dan pertukaran di tingkat akar-rumput, dan ekonomi (perdagangan, investasi, sains dan teknologi, pariwisata, dll.).

Selama lima puluh tahun, hubungan diplomatik Indonesia – Jepang telah memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Hubungan dan kerjasama kedua Negara mencakup semua bidang dan telah berkembang dari tahun ke tahun. Sektor ekonomi merupakan bidang yang paling bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dalam bidang ini, Jepang mampu mensuplai teknologi dan keuangan yang sangat diperlukan untuk mengembangakan dan mengelola kekayaan alam Indonesia serta menciptakan lapangan kerja. Selama ini pula pemerintah Jepang telah menjadi partner paling utama bagi Indonesia untuk menyediakan ”development assistance” mencapai US$37 billion (tahun 2006), meliputi pinjaman lunak, bantuan dan ”technical assistance”. Jepang juga merupakan partner dagang terbesar bagi Indonesia. Pelaku bisnis Jepang merupakan investor luar negeri terbesar bagi Indonesia dalam sektor non migas.

Bagi warga Persatuan Pelajar Indonesia di Fukuoka (PPIF), 50 tahun hubungan Indonesia – Jepang ini juga memiliki makna khusus. Untuk memperingati dan merayakan tahun emas persahabatan ini, pada tanggal 7 Juni 2008 yang lalu telah diselenggarakan event besar (terbesar dalam sejarah event yang diselenggarakan oleh PPIF), yaitu Peringatan 50 tahun Hubungan Indonesia-Jepang (PHIJ50). PHIJ50 ini dikemas dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya dengan tema ”Indonesia Bamboo Concert”. Diselenggarakan di Fukuoka Accross Building, salah satu gedung yang memiliki event hall prestisius di Fukuoka, acara yang didukung oleh Kyudenko (perusahaan listrik di Kyushu) serta KBRI Jepang di Tokyo ini menyajikan berbagai pertunjukan seni dari Indonesia dan Jepang.

Pementasan pertama adalah fashion show yang menampilkan busana daerah Indonesia, yaitu dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Betawi, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimatan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Penampil fashion show ini terdiri dari warga Indonesia, Jepang, Vietnam, Kamboja, dan Amerika. Acara kedua adalah Tarian Kuda Kepang yang berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini dibawakan oleh tujuh warga PPIF, terdiri dari satu penari utama dan enam penari pendukung. Acara ketiga adalah penampilan musik angklung yang dimainkan oleh kelompok lagu Kai dari Jepang dan warga PPIF, dengan menampilkan lagu Jawa Timur Rek-ayo rek. Selanjutnya adalah penampilan kelompok musik bambu Nakagawa (Nakagawa Bamboo orchestra) dengan menampilkan dua lagu Jepang. Dilanjutkan dengan penampilan kolaborasi musik angklung yang dibawakan oleh kelompok lagu-lagu Kai dari Jepang dan PPIF dengan Nakagawa Bamboo Orchestra. Penampilan ini menyajikan lagu Sen no kaze ni natte dan Nada sou sou. Penampilan kolaborasi ini mampu menarik perhatian penonton dan mendapat apresiasi yang luar biasa. Acara diakhiri dengan penampilan kelompok Indah Putri, yaitu kelompok musik angklung yang dimainkan oleh tiga orang perempuan Jepang, yang telah dibina oleh KBRI Tokyo selama puluhan tahun.

Meskipun pada tahun ini masih ada dua event kesenian besar yang akan diikuti oleh PPIF, tapi bisa dibilang PHIJ50 merupakan klimak dari serangkaian event-event yang telah dilakukan. Ya….PHIJ50 merupakan bukti perjuangan teman-teman PPIF dalam rangka memperkenalkan dan mempopulerkan seni tradisional Indonesia di luar negeri. PHIJ50 yang telah disiapkan sejak bulan Januari 2007 telah berhasil dengan sukses, dengan penonton yang melebihi kapasitas gedung, serta mendapat apresiasi yang luar biasa dari penonton. Telah banyak tenaga, pikiran, waktu dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh panitia dan penampil acara. Semua ini dilakukan secara tulus dan ikhlas untuk menjunjung martabat bangsa Indonesia di mata dunia internasional melalui kesenian.

Berikut ini adalah cuplikan acara PHIJ50 yang direkam oleh JCOM, salah satu TV lokal di Fukuoka.

1 Comment »

  1. […] oleh Kyudenko, jalan-jalan ke Huis Ten Bosch di Nagasaki. Karena keberhasilan penyelenggaraan event PHIJ50 pada bulan Juni lalu, Kyudenko memberikan hadiah jalan-jalan gratis ini kepada semua warga PPIF. […]

    Pingback by Huis Ten Bosch: sebuah kota Belanda di negeri Matahari Terbit « Purnama`s virtual notes — July 29, 2008 @ 12:51 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: