Purnama`s virtual notes

June 25, 2008

Bintan goes International

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 10:57 am

Hari itu saya pergi ke Travel Agent ternama di Fukuoka, Fukuoka No1 Travel, untuk mencari tiket pesawat ke Jogja untuk bulan Agustus ini. Sambil menunggu petugas yang ramah sedang memproses Travel estimation cost dan itinerary, saya menyibukkan diri dengan berkeliling ke sekitar ruangan. Banyak sekali brosur-brosur perjalanan ke luar negeri yang bisa dibaca maupun diambil gratis. Di sebelah kiri ruangan ada papan informasi di tempel di tembok yang menampilkan promotion tour information ke luar negeri, mulai dari Asia, Amerika hingga Eropa. Namun tidak satu brosur dan informasi yang mampu memikat saya. Di atas meja yang dilapisi dengan kaca bening, terpampang informasi paket wisata ke Bali. Hmmm…. yang ini sih tidak terlalu mengejutkan buat saya, karena Bali memang sudah terkenal dengan baik oleh dunia internasional, begitu pikir saya.

Sambil mondar-mandir ke sana-ke mari, mata saya masih fokus ke deretan brosur yang tertata rapi di rak di pinggir ruangan, juga di atas meja tamu. Sampai detik itu belum ada satupun brosur yang mampu memikat saya. Hingga akhirnya pandangan mata saya tertuju pada satu brosur yang dikemas eksklusif dalam bentuk buku, tersusun rapi di atas meja tamu berbentuk bundar. Jumlahnya tidak banyak, mungkin kurang dari sepuluh. Yang jelas, saya tidak terlalu asing dengan judul yang tertulis di sampul depan bagian kanan atas buku tersebut. Judul yang ditulis dengan huruf latin dengan variasi warna yang berbeda untuk setiap hurufnya, memang secara visual sangat menarik. Di bagian bawah ada satu baris tulisan kanji yang tidak bisa saya baca, dan di bawahnya lagi tertulis alamat website yang ditulis dengan huruf kecil. Seperti reflek, tangan segera saya ulurkan untuk mengambil buku itu. Wah..keren batin saya. Di situ tertulis ”Bintan Resorts”.

Meskipun di Indonesia Bintan belum sepopuler Bali, Jogja, Batam, dan tempat wisata lain di Indonesia, Bintan sudah mulai dipromosikan sebagai tujuan wisata bertaraf internasional sejak beberapa waktu yang lalu. Tapi yang membuat saya bangga dan kagum, Bintan sebagai daerah wisata yang relatif masih baru ternyata memiliki strategi pemasaran yang lebih gencar, dengan menawarkan potensi wisata pantai dan hutan. Meskipun belum setara dengan Bali yang bagi orang Jepang merupakan daerah wisata favorit, brosur-brosur wisata ke Bintan bisa ditemukan di travel agents di Jepang, salah satu negara yang memiliki potensi pasar wisata yang besar. Hanya brosur wisata ke Bali dan Bintan yang bisa saya temukan di tempat itu. Saya heran waktu itu, kenapa tidak ada brosur wisata ke Jogja, Batam, Nusa Tenggara, Lombok, Bunaken dan lain-lain?

Tahun 2008 ini Indonesia mencanangkan tahun kunjungan wisata Indonesia (Visit Indonesia year 2008 ) untuk merayakan 100 tahun hari kebangkitan nasional. Namun anehnya, gaung promosi wisata tidak terdengar, hanya adem ayem saja. Seolah-olah tulisan Visit Indonesia Year 2008 hanyalah slogan semata, tanpa ada usaha serius untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan mancanegara ke Indonesia. Realita ini sangat kontras dengan Visit Malaysia 2007 yang lalu. Pada tahun 2007 usaha serius Malaysia untuk menarik wisatawan ke negara itu benar-benar terasa. Pada tahun itu, Malaysia berusaha menjadi host untuk penyelenggaraan event-event internasional, termasuk event ilmiah. Misi-misi kebudayaan ke luar negeri juga secara gencar dilakukan. Pada suatu kesempatan, beberapa bulan yang lalu saya melihat pertunjukan kebudayaan Malaysia di pusat perbelanjaan di dekat dormitory saya. Bahkan pada tahun ini, Visit Malaysia year diteruskan dengan Visit Trengganu 2008, Visit Kedah 2008, Visit Kelantan 2008 dan lain-lain. Suatu usaha serius dari pemerintah Malaysia untuk memajukan industri wisata.

Meskipun publikasi Bintan Resort ke dunia internasional cukup gencar, namun secara nasional, usaha nyata Indonesia untuk memajukan wisata Indonesia belum terlihat serius. Pulau Bintan dan Pulau Bali hanyalah sebagian kecil potensi wisata Indonesia diantara melimpahnya potensi wisata Indonesia yang sangat potensial dan belum tereksploitasi secara optimal.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

