Purnama`s virtual notes

July 1, 2008

Selamat jalan Sang Mayor

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 3:39 pm

Karena sudah terbiasa dengan berita-berita tentang kecelakaan pesawat di Indonesia, berita di internet tentang musibah kecelakaan pesawat TNI AU Cassa 212 dengan nomor seri A2106 di wilayah Bogor Jawa Barat hanya saya baca sambil lalu saja. Ya…. karena terlalu banyak berita kemalangan terjadi di Indonesia, seakan-akan membuat berita kecelakaan seperti ini tidak terlalu menarik untuk disimak lebih mendalam. Sudah terlalu biasa… dan mungkin membuat perasaan ini tidak terlalu sensitif lagi….

Tapi, Jum`at malam itu sambil menunggu jadwal bus untuk pulang ke rumah, saya tergelitik juga untuk membaca berita kecelakaan pesawat Cassa ini lebih lengkap. Maklum karena berita ini terlalu mendominasi pemberitaan di website. Iseng-iseng saya klik link di website yang mengarahkan ke informasi mengenai korban dalam musibah itu. Ada delapan belas korban dalam musibah itu, dan satu persatu saya baca dari atas ke bawah. Begitu terkejutnya saya dan tubuh ini serasa merinding membaca daftar koran nomor 5 dalam daftar penumpang: Mayor Sus Susika Murdayanti. Dengan tergesa-gesa saya segera membuka milis grup alumni Teknik Geodesi UGM. Dan benar….di situ sudah banyak postingan ucapan bela sungkawa atas kecelakaan yang menimpa rekan dan senior saya di Jurusan Teknik Geodesi UGM, Mayor Susika Murdayanti, serta junior dan mantan mahasiswa saya angkatan tahun 1999 saudara Amy Muharram. Inna lillahi wa innailaihi roojiun.

Hari itu, perasaan dan pikiran saya kembali diguncang oleh berita kemalangan yang menimpa sahabat dan senior saya. Mayor Susika Murdayanti adalah alumni Jurusan Teknik Geodesi UGM, dua tahun di atas saya. Mengabdi di jajaran TNI AU di divisi pemetaan udara begitu lulus kuliah. Meskipun di UGM dia adalah senior saya, tapi selama studi di Melbourne University dia adalah junior saya, dan meraih Master of Applied Science dari Deparment of Geomatics. Kepandaiannya telah membawa dia berkunjung ke beberapa negara melaksanakan tugas negara.

Rasanya belum terlalu lama perasaan ini terguncang oleh meninggalnya sahabat terbaik saya Eko Sarjanto Eko Sarjanto ; dan Utantyo Wuryatmo beberapa waktu yang lalu. Dan hari itu, kembali saya disadarkan kembali oleh kenyataan bahwa usia seseorang adalah milik Allah, yang tetap menjadi rahasiaNya. Tiada seorangpun tahu kapan rahasia itu akan dibukakan pada kita. Allah tidak akan menunggu kita siap untuk dipanggil ke hadapanNya. Kapanpun, di manapun, dalam kondisi apapun, Allah akan dengan mudah mencabut nyawa kita tanpa kita sadari sebelumnya. Tak ada seorangpun akan merasa siap untuk yang satu itu….menghadap Sang Khalik.

Selamat jalan sahabatku….., seniorku,….. Sang Mayor Susika Murdayanti. Selamat jalan adikku Amy Muharram. Semoga arwah kalian diterima di sisiNya dan diampuni semua dosa-dosamu.

———————————————

Andai ku tahu

by Ungu

Andai ku tahu
Kapan tiba ajalku
Ku akan memohon
Tuhan tolong panjangkan umurku

Andai ku tahu
Kapan tiba masaku
Ku akan memohon
Tuhan jangan kau ambil nyawaku

Aku takut akan semua dosa-dosa ku
Aku takut dosa yang terus membayangiku

Andai ku tahu
Malaikat-Mu kan menjemputku
Izinkan aku
Mengucap kata taubat pada-Mu

Aku takut akan semua dosa-dosa ku
Aku takut dosa yang terus membayangiku

Ampuni aku dari segala dosa-dosa ku
Ampuni aku menagisku bertaubat pada-Mu

Aku manusia yang takut neraka
Namun aku juga tak pantas di surga

Andai ku tahu
Kapan tiba ajalku
Izinkan aku
Mengucap kata taubat pada-Mu

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

