Purnama`s virtual notes

October 2, 2008

Menjadi lebih baik

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 6:02 pm

Lebaran kemarin, 1 Oktober 2008 merupakan lebaran kelima yang saya rayakan jauh dari keluarga. Tanpa bermaksud menyesali keadaan, lebaran kemarin sangatlah sederhana dan tanpa kesan istimewa. Tanpa baju baru, tanpa hiruk pikuk mudik ke rumah orang tua, tanpa makanan kecil yang ditata di ruang tamu, tanpa aneka pernak-pernik lebaran, tanpa berbondong-bondong menghadiri sholat ied di lapangan, dan lain-lain. Semua berjalan dengan sangat sederhana, persis seperti hari-hari sebelumnya. Hanya sholat ied yang diselenggarakan di Klinik Kyushu University, dan dihadiri oleh masyarakat muslim dari berbagai negara yang membuat suasana lebaran agak berbeda dan istimewa. Ditambah open house di rumah sahabat dengan menu opor dan ketupat, sedikit banyak telah mampu membuat suasana lebaran yang “plain” menjadi lebih berwarna.

Seperti lebaran-lebaran sebelumnya, ada perasaan sedih dan senang, campur aduk jadi satu setiap kali lebaran datang. Tapi tanpa kehadiran keluarga di hari lebaran kemarin, kesenangan yang saya rasakan hanyalah tinggal satu: telah selesai kewajiban puasa sebulan penuh. Selain itu, kesedihanlah yang lebih mendominasi perasaan. Kesedihan karena meninggalkan bulan yang penuh rahmah, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh ampunan, dan perasaan sedih karena selalu saja ada kekurangan dalam menjalani ibadah pada bulan suci yang barusan usai. Rasa pesimistis mendapatkan anugerah malam lailatul gadar menambah kesedihan semakin terasa.

Siang itu setelah sampai di rumah, saya mendapatkan sms berbunyi (setelah diedit): ”Selamat lebaran. Mohon maaf atas segala kesalahan. Mudah-mudahan kita bisa menjadi lebih baik dalam segala hal”. Beberapa saat saya merenungkan makna tulisan ucapan lebaran itu. Kalimat “Mudah-mudahan kita bisa menjadi lebih baik dalam segala hal” benar-benar menyentuh perasaan saya. Bagaikan menyelessaikan teka-teki silang, pikiran saya merenung mencari hubungan antara puasa ramadhan, lebaran dan kalimat tersebut. Saya berpikir ini adalah ucapan selamat lebaran yang pas sekali.

Dalam pemikiran saya, Ramadhan adalah bulan latihan. Latihan bagi umat islam untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Alloh SWT, melalui serangkaian ibadah yang dijanjikan pahala yang berlimpah ruah. Latihan yang apabila sukses diselesaikan, akan mendapat pahala dan kesucian pada hari yang fitri. Oleh karena itulah, hari raya idul fitri adalah hari yang sangat spesial, karena pada hari itulah muslim dan muslimah yang lulus melaksanakan latihan dan ujian, mendapatkan pahala kesucian, ke-fitrahan. Semua dosa orang yang lulus menjalani latihan dan ujian ini akan dihapus, menjadi suci seperti bayi yang baru lahir. Begitu kira-kira kata guru mengaji saya.

Dari sebulan penuh menjalani ujian dan latihan di bulan Ramadhan, idealnya, salah satu outputnya tentunya adalah adanya peningkatan dalam kadar keimanan seseorang, serta adanya perubahan positif dalam kepribadian dan pola beribadahnya. Inilah menurut saya esensi dari bulan Ramadhan. Persis sama dengan ucapan lebaran yang saya terima:”Mudah-mudahan kita bisa menjadi lebih baik dalam segala hal”. Ya… semestinya kita bisa menjadi lebih baik setelah menjalani ujian dan latihan di bulan yang suci.

Siang itu, setelah membaca sms ucapan lebaran, saya hanya termangu. Saya bingung, ucapan apa yang mesti saya balas. Setelah beberapa lama, saya hanya mampu mengamini doa dari ucapan tersebut melalui sepenggal sms. Mudah-mudahan doa kami dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa, Alloh SWT. Amiiin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin……..

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: