Purnama`s virtual notes

October 8, 2008

Kerja Bakti

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 5:26 pm

Hari minggu yang lalu, pagi sekitar jam 9:02 pengeras suara di lingkungan pemukiman San No Maru Danchi berbunyi sangat keras. Suara seorang perempuan terdengar mengumumkan sesuatu yang tidak bisa saya pahami. Tetapi dari informasi yang telah saya peroleh sebelumnya, saya yakin bahwa dia memberitahukan bahwa pagi itu ada kegiatan kerja bakti. Ya.. pagi itu, minggu pertma bulan Oktober adalah hari pertama saya untuk kerja bakti, suatu kegiatan yang mungkin terdengar aneh, sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan di kota besar Fukuoka. Meskipun saya sudah tinggal di apartemen itu sejak Maret yang lalu, tapi baru kali ini saya punya kewajiban untuk ikut kerja bakti. Kalau dulu saya tinggal di situ dengan status “dependent”-nya teman saya, tapi sejak dia pulang ke Indonesia “for good”, saya telah mengambil alih status penghuni utama sejak September tahun ini.

Begitu pengumuman selesai, saya bergegas turun ke halaman untuk bergabung dengan tetangga saya. Betapa terkejutnya saya, ketika di halaman hanya ada satu orang yang telah menunggu di sana, tetangga saya orang Bangladesh. Saya bertanya, kenapa orang-orang pada belum kumpul? Dia jawab, mungkin jadwalnya bukan jam 9, tapi jam 9:30. Yah… karena karena tidak bisa memahami pengumuman perempuan tadi, saya dan tetangga saya terpaksa datang terlalu awal. Akhirnya kami hanya mengobrol selama beberapa saat sambil menunggu tetangga yang lain berkumpul.

Sebagai sesama bangsa Asia, orang Jepang memiliki budaya yang mirip dengan negara-negara lain di Asia, termasuk Indonesia. Kegiatan sosial kemasyarakatan berupa kerja bakti yang biasa dilakukan di Indonesia, merupakan kegiatan yang umum dilakukan di setiap lingkungan pemukiman di Jepang. Selain bertujuan untuk menjalin komunikasi antar sesama warga, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat ikatan sosial antar mereka, serta menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan pada hari minggu pertama setiap bulan, selama sekitar 30 menit sampai 1 jam. Yang menarik dari kegiatan ini, mayoritas warga yang hadir dalam kegiatan ini adalah para orang tua Jepang yang memang mendominasi pemukiman itu. Selain itu, kalau tidak ada penghuni rumah yang ikut dalam kegiatan ini maka akan didenda dengan membayar uang sejumlah 1000 yen. Uang denda yang terkumpul ini nantinya akan dikembalikan ke warga dengan cara lain, misalnya dengan membagikan tas plastik untuk sampah, yang biasanya harus dibeli di toko.

Kerja bakti, sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan yang terlihat remeh, memiliki nilai luhur khas ketimuran. Nilai luhur yang selaras dengan jiwa dan sifat orang Asia yang mengagungkan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial yang tinggi. Sayangnya, saat ini kegiatan ini terlihat kurang populer di kalangan generasi muda modern, baik di Jepang maupun di Indonesia.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

