Purnama`s virtual notes

November 13, 2008

Konser Slank di Amerika

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 10:27 am

konser-slank2Selasa 12 Nov jam 13:30 kemarin saya terima sms dari kakak saya yang bermukim di Chicago, USA. “Aku lagi nonton Slank” begitu kira-kira isi sms yang dikirim dari Chicago yang waktu itu di sana masih hari Senin 11 Nov malam.

Info dari Myspace, tour Slank ke Amerika ini dimulai tanggal 25 Oktober sampai 20 November 2008, dari Los Angeles sampai Hollywood dengan menggelar 15 konser di beberapa kota. Konser ini bertema “Anthem for the broken hearted”. Dari website Myspace bisa didengarkan sampel lagu-lagu yang dinyanyikan dalam tour ini, seperti “Too sweet to forget” yang merupakan versi bahasa Inggris untuk lagu “Terlalu manis untuk dilupakan”, “Drug me up”, “Do something”, “Devil in U”, dan “Seen things”.

Kalau menengok perkembangan musik di Indonesia, memang industri musik adalah salah satu industri yang berkembang sangat pesat dan di terima oleh masyarakat. Bahkan produk musik Indonesia telah mampu dijual di beberapa negara, seperti Malaysia dan Brunei. Di kedua negara tersebut, musik Indonesia mampu mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Musik pop dan dangdut Indonesia laku keras di Malaysia, begitu pula musik dangdut di Brunei.

Konser-konser musik ke luar negeri seperti yang dilakukan Slank ini tentunya membuktikan kepada dunia luar akan eksistensi musik Indonesia di kancah dunia. Meskipun di beberapa konser seperti ini biasanya mayoritas penontonnya adalah warga Indonesia yang berada di negara tersebut, akan tetapi ada juga beberapa penonton lokal yang mempunyai apresiasi yang baik terhadap musik kita. Satu hal yang mungkin menyebabkan musik kita belum sepenuhnya mampu dikonsumsi di luar negeri adalah faktor bahasa dan promosi. Meskipun ada beberapa lagu kita yang ditulis dalam bahasa Inggris, namun mayoritas lagu-lagu Indonesia masih ditulis dalam bahasa Indonesia yang tentu kurang bisa dipahami oleh pendengar dari manca negara.

Seandainya kakak saya masih di Indonesia, saya yakin tidak akan sekalipun dia mau menyempatkan menonton konser musiknya Slank. Saya ingat dulu konser musik asinglah yang dia tonton sewaktu masih di Jakarta, seperti konsernya Boys Zone. Sesuatu yang wajar menurut saya ketika kita berada di luar negeri maka produk lokal Indonesia menjadi sesuatu yang spesial. Sama seperti saya yang baru mengenal dan memainkan musik angklung ketika saya berada di Fukuoka.
Bravo Slank!

1 Comment »

  1. selamat untuk slank. ngeliat video drug me up asik juga ternyata

    Comment by slank drug me up — December 4, 2008 @ 1:59 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: