Purnama`s virtual notes

December 10, 2008

Memaknai Idul Adha

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 7:36 pm

memaknai-idul-adhaSeperti tahun-tahun sebelumnya, buat sebagian besar umat islam, Idul Adha yang jatuh pada hari Senin, 8 Desember 2008 lalu mungkin berlalu begitu saja. Mengalir bagaikan angin tanpa meninggalkan bekas. Adalah sebuah ironi menurut saya, sebuah peristiwa besar dalam islam, diperingati dan dirayakan oleh umat islam sebagai sebuah ritual tahunan tanpa meninggalkan makna esensi dari peristiwa itu pada setiap muslim.

Idul Adha yang merupakan salah satu hari besar dalam Islam, diperingati untuk mengabadikan peristiwa paling penting dalam Islam, yaitu pengorbanan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anak satu-satunya Ismail yang sangat disayangi sebagai perwujudan kepatuhan dan ketakwaannya untuk memenuhi perintah tuhannya, Alloh SWT. Sebuah peristiwa besar yang mengajarkan kepada umat manusia, khususnya umat islam, untuk sanggup dan ikhlas mengorbankan apapun yang dia miliki, yang dia sayangi dan sesuatu yang paling berharga sekalipun, untuk dipersembahkan kepada Alloh SWT sebagai wujud ketaqwaan dan keimanan kepada Sang Khaliq. Namun, apakah umat islam yang memperingati hari besar ini pada hari Senin kemarin dapat merenungi dan menangkap nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini, dan terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari? Saya yakin, banyak di antara kita yang Insya Alloh mampu mengambil esensi dari peringatan Idul Adha kemarin. Tetapi saya juga yakin banyak diantara kita yang mengikuti serangkaian ritual ibadah ini hanya sebatas rutinitas tahunan. Ikut takbiran di malam hari, sholat Ied di pagi hari, menghadiri penyembelihan, dan makan daging kurban. Atau bahkan tidak ikut itu semua. Begitu seterusnya dari tahun ke tahun tanpa mampu menyerap makna luhur di balik peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Semangat dan spirit pengorbanan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam perayaan Idul Adha seyogyanya tidak hanya berhenti pada semangat pengorbanan hewan ternak pada hari besar itu. Semangat pengorbanan yang seutuhnya seharusnya dapat tertanam dalam jiwa kita, berupa nilai-nilai pengorbanan yang bermuara pada ketakwaan dan keimanan kepada Alloh SWT yang terealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya Islam telah banyak mengajarkan kepada kita perilaku mulia yang esensinya adalah pengorbanan. Bersedekah, membelanjakan harta kita untuk berhaji, membayar zakat sebagai contoh, pada esensinya adalah juga berkurban, yaitu memberikan harta kesayangan kita dengan niat semata-mata untuk beribadah kepada Alloh. Di sinilah sebenarnya menurut saya nilai-nilai luhur dari perayaan Idul Adha bermuara. Yaitu tumbuhnya semangat dan kesadaran berkurban dalam konteks yang lebih luas, tidak hanya terbatas dan berhenti pada aktivitas berkurban hewan ternak pada hari raya Idul Adha, tetapi semakin meningkatnya kesadaran kita untuk memberikan apapun kepunyaan kita, baik waktu, tenaga, pikiran, dan harta benda sebagai sarana untuk beribadah kepada Alloh.

Insya Alloh setiap tahun kesadaran berkurban kita selalu diingatkan oleh Alloh. Tapi, kalau tahun ini perayaan Idul Adha yang kita lakukan hanya berlalu begitu saja tanpa mampu menumbuhkan semangat dan kesadaran berkurban kita secara utuh, akankah tahun depan hal ini terulang kembali? Mestinya tidak demikian. Tentu kita berharap dapat merayakan hari raya Idul Adha tahun depan dengan lebih baik dan dapat memaknai peristiwa itu sesuai dengan nilai-nilai luhur yang disampaikan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Dan yang terpenting adalah kita dapat menanamkan nilai-nilai itu dalam diri kita dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Amin.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: