Purnama`s virtual notes

December 19, 2008

Yogyakarta Tujuan Wisata Terbaik 2008

Filed under: Uncategorized — purnamabs @ 11:13 am

yogyakarta-tujuan-wisata-terbaikSetiap kali ada liburan panjang, baik liburan sekolah maupun liburan hari besar, lalulintas Jogja selalu dipadati oleh bus-bus dan mobil pribadi berplat luar kota. Buat warga kota Jogja, terutama mereka yang tidak terlibat langsung dalam urusan bisnis wisata atau tidak secara langsung mendapatkan keuntungan dari industri wisata, sering kali kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan. Lalulintas yang macet, terutama di ruas-ruas jalan seputar kota, selalu membuat perjalanan tidak nyaman. Tetapi di sisi lain, kondisi ini tentu merupakan berkah bagi para pelaku bisnis wisata, karena dari industri wisata inilah mereka dan pemda Kota Yogyakarta mendapatkan pemasukan.

Memang Jogja sudah lama dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia, selain Bali, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Borobudur, Prambanan, Keraton, Malioboro, Pantai Parangtritis, dan beberapa kota tua seperti Kotagede dan Kauman, merupakan obyek wisata utama di daerah ini. Saya ingat betul beberapa tahun lalu hampir setiap hari bisa dijumpai wisatawan mancanegara yang berjalan di sepanjang jalan di Kotagede, menikmati industri kerajinan perak dengan mengunjungi outlet-outlet produk kerajinan perak dan juga menikmati proses pembuatan perhiasan dari perak. Memang Kotagede terkenal karena industri kerjinan perak, tembaga dan kuningan. Sampai-sampai Kotagede mendapat julukan sebagai Kota Perak. Namun kondisi ini mulai surut, kalau tidak salah sejak adanya krisis moneter, di mana banyak industri kerajinan perak yang gulung tikar karena mahalnya bahan baku.

Berita menarik yang baru saja dirilis (Kompas.com) menyebutkan bahwa Jogjakarta merupakan kota tujuan wisata terbaik sepanjang tahun 2008 bagi wisatawan Malaysia. Tentu saja hasil survey ini merupakan indikasi positif akan kebangkitan Jogjakarta sebagai kota tujuan wisata bagi turis mancanegara. Selamat dan bravo kotaku Jogjakarta!
———————————————–

KUALA LUMPUR – Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih sebagai ”Destinasi Wisata Terbaik Luar Negeri 2008” atau tempat tujuan wisata luar negeri terbaik bagi masyarakat Malaysia dalam Malam Anugerah Insan Pariwisata Majalah Libur di Hotel Concorde, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/12) malam.

Penghargaan diserahkan oleh Kementerian Pariwisata Malaysia melalui Wakil Menteri Pariwisata Dato A Ghafar Thambi kepada Kepala Badan Pariwisata Daerah (Baparda) Provinsi DI Yogyakarta Tazbir.

Terpilihnya DI Yogyakarta sebagai ”Destinasi Wisata Terbaik Luar Negeri 2008” didasarkan pada jejak pendapat pembaca (polling) majalah pariwisata Libur. Dari 160.000 pembaca Libur, 60 persen di antaranya memilih Yogyakarta sebagai tempat tujuan wisata favorit.

Yogyakarta dinilai memiliki banyak atraksi wisata menarik, seperti wisata heritage, aneka pentas seni tradisi dan kontemporer, serta biaya tinggal dan belanja yang relatif murah.

Ketua panitia penganugerahan yang juga editor majalah Libur, Azlie Halim, menyampaikan, jumlah wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta juga menjadi pertimbangan utama.

”Sejak dibukanya jalur Kuala Lumpur-Yogyakarta oleh Malaysia Airlines dan Air Asia pada awal 2008, kunjungan wisatawan dari Malaysia meningkat pesat,” ujar Azlie.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Baparda DI Yogyakarta, jumlah wisatawan Malaysia yang berlibur ke Yogyakarta pada tahun 2007 mencapai 3.959 orang. Pada tahun ini hingga September 2008, tercatat 13.115 wisatawan. Ini berarti kunjungan wisatawan dari Malaysia ke Yogyakarta meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: